Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Efikasi Diri Guru Sekolah Dasar Di Kelas Inklusif Dengan Kurikulum Pendidikan Finlandia

Authors

  • Salma Yuliani Universitas Djuanda Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author

Keywords:

Efikasi diri, sekolah dasar inklusif, kurikulum pendidikan Finlandia

Abstract

 Dalam lingkungan yang beragam khususnya sekolah inklusif, efikasi diri guru sangat penting untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil pembelajaran siswa. Studi ini menunjukkan bahwa guru dengan rasa efikasi diri yang kuat lebih mampu menghadapi tantangan dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan siswa yang beragam dengan menguji berbagai pendekatan, termasuk pengembangan profesional, dialog kolaboratif, penilaian diri, dan teknik pedagogis yang kreatif. Peningkatan efikasi diri di kalangan guru dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka, sekaligus membantu terciptanya suasana belajar yang efektif dan inklusif. Oleh karena itu, sangat penting bagi lembaga pendidikan untuk mendorong pertumbuhan efikasi diri guru sebagai komponen kunci dalam menerapkan kurikulum pendidikan yang berkualitas. Metode yang digunakan adalah pendekatan studi kualitatif untuk melakukan penelitian ini di sebuah sekolah inklusi dan untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh mengenai dinamika pembelajaran dan praktik pendidikan inklusif, penulis melakukan observasi secara langsung di kelas 4 selama satu bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menilai bagaimana pentingnya efikasi diri yang dimiliki guru terhadap kinerja mereka dalam mengelola kelas inklusif serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri guru dalam mendukung pembelajaran siswa di sekolah inklusif.

References

Aayn, S., Laura, S., & Listiadi, A. (2022). Pengaruh pengaruh pengenalan lapangan persekolahan, persepsi profesi guru dan efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNESA). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 132–140. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1738

Adri, H. T., Yudianto, S. A., Mawardini, A., & Sesrita, A. (2020). Using animated video based on scientific approach to improve students higher order thinking skill. Indonesian Journal of Social Research, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.30997/ijsr.v2i1.23

Adri, H. T., & Suwarjono, S. (2025). Analisis kebutuhan media adaptif dan strategi pembelajaran IPA dalam konteks pendidikan inklusif di sekolah dasar Kabupaten Bogor. ALACRITY: Journal of Education, 1090–1100.

Afif, S. M. (2021). SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 95–106.

Alani, F., & Grewal, R. (2024). Effect of case-based learning (CBL) on student learning in engineering technology education. Proceedings of the Canadian Engineering Education Association (CEEA). https://doi.org/10.24908/pceea.2023.17162

Alfiatunnisa, E., Khairunnisa, H. Z., Hayati, S., & Maulida, V. L. (2022). Uji validitas dan reliabilitas terhadap kemandirian siswa sekolah dasar kelas 1. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 3(2), 29–36. https://doi.org/10.56806/jh.v3i2.81

Aslamiyah, S., Lahmuddin, & Effendy, S. (2020). Pengaruh efikasi diri dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah taman kanak-kanak di Kecamatan Medan Area. Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(2), 143–152. http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/tabularasa

Azis, R. (2024). Peran guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 2.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman.

Ediyani, M., Hayati, U., Salwa, S., Samsul, S., Nursiah, N., & Fauzi, M. B. (2020). Study on development of learning media. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1336–1342. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.989

Fitriyah. (2023). Co-teaching: Penerapan dan pengaruhnya terhadap pembelajaran di kelas. Journal of Education Sciences and Teacher Training, 12.

Ianaturodiah, I., & Wahjudi, E. (2020). Pengaruh efikasi diri terhadap kinerja guru dengan motivasi kerja sebagai variabel mediasi pada guru akuntansi SMK Negeri di Surabaya. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 4(2), 113–126. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n2.p113-126

Izzah, N. N., & Anggoro, B. K. (2024). Inovasi pengelolaan kelas: Strategi meningkatkan disiplin dan keterlibatan peserta didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 339–348. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p339-348

Kelana, J. B., Savira, D., Wardani, I. K., & Siliwangi, B. (2021). Model pembelajaran IPA SD. http://edutrimedia.com

Malik, A. (2024). Penerapan pendekatan diferensiasi dalam pendidikan inklusif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 291.

Mauna, M., & Shabur, M. I. (2017). Big five personality terhadap komitmen organisasi dosen Universitas Negeri Jakarta. JPPP: Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 6(1), 42–54. https://doi.org/10.21009/jppp.061.06

Mulyani, S., Nasution, E. S., & Pratiwi, I. W. (2020). Hubungan efikasi diri dan keterikatan kerja guru taman kanak-kanak. JP3SDM, 9(1), 74–89.

Prasetyo, T., Adri, H. T., Ichsan, M., Muhdiyati, I., Firmansyah, W., Laeli, S., Zulfa, L. L., Mujibah, E. M., & Alfiah, S. (2022). Pelatihan strategi pembelajaran berbasis sistem pembelajaran alamiah otak (SiPAO) untuk guru inklusif di sekolah dasar.

Rasmitadila, R., Efendi, I., Rajagukguk, Z. F., Safari, Y., & Tambunan, A. R. S. (2023). The perspectives of Indonesian teachers toward co-teaching experiences in the inclusive classroom: Classroom internal support and instructional goals. Education 3-13. https://doi.org/10.1080/03004279.2023.2263016

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., & Rachmadtullah, R. (2021). Student teachers’ perceptions of the collaborative relationships form between universities and inclusive elementary schools in Indonesia. F1000Research, 10, 1289. https://doi.org/10.12688/f1000research.74999.1

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic: Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2213612

Sa’pang, A. W., & Purbojo, R. (2020). Efikasi diri guru, pemahaman tentang karakter siswa, dan pemahaman tentang keterampilan abad ke-21 sebagai prediktor gaya mengajar tipe fasilitator. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(2), 192–211. https://doi.org/10.24854/jpu108

Sharma, A., Kaur, A., Jain, R., & Mittal, N. (2021). Education reform: Role of social media in education. In 2021 International Conference on Computational Performance Evaluation (ComPE) (pp. 657–661). IEEE. https://doi.org/10.1109/ComPE53109.2021.9752010

Skaalvik, E. M., & Skaalvik, S. (2010). Teacher self-efficacy and teacher burnout: A study of relations. Teaching and Teacher Education, 26(4), 1059–1069. https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.11.001

Suci, W., Muslim, S., & Chaeruman, U. A. (2022). Use of social media for collaborative learning in online learning: A literature review. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3075–3086. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.833

Sulastri, A., Adri, H. T., & Syamsudin, D. (2024). The role of teachers in improving quality of education and developing competencies of primary school students at Muslim Suksa School Thailand. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.51178/ce.v5i1.1656

Riany, V. D., Harsadi, D., Sari, W. B., & Dewi, Y. C. (2024). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar baca tulis di kelas I sekolah dasar. Journal of Language, Literature, and Arts, 4(10), 1051–1060. https://doi.org/10.17977/um064v4i102024p1051-1060

Wahyuningsari, D., Yuniar, M., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Permatasari, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2.

Wisniewski, B., Zierer, K., & Hattie, J. (2020). The power of feedback revisited: A meta-analysis of educational feedback research. Frontiers in Psychology, 10, 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.03087

doi:10.3389/fpsyg.2019.03087.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Efikasi Diri Guru Sekolah Dasar Di Kelas Inklusif Dengan Kurikulum Pendidikan Finlandia. (2025). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(3), 263-279. http://www.didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/39

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1-10 of 25

You may also start an advanced similarity search for this article.