Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Siswa

Authors

  • Dessy Bustami STAI Madinatun Najah Author
  • Dessy Syofiyanti STAI Madinatun Najah Author

Keywords:

Strategi Pembelajaran Ekspositori, Nilai-nilai Akhlak, Pendidikan Karakter, Madrasah

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pustaka yang bertujuan untuk mengkaji secara mendalam strategi pembelajaran ekspositori dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada siswa. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada keprihatinan terhadap menurunnya moralitas siswa, yang tercermin melalui perilaku seperti rendahnya disiplin, kejujuran, dan sopan santun di lingkungan sekolah. Fokus utama kajian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran ekspositori sebagai metode penyampaian materi yang langsung, sistematis, dan terstruktur dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moral yang luhur. Berdasarkan telaah berbagai sumber literatur, seperti buku, jurnal ilmiah, dan hasil penelitian sebelumnya, ditemukan bahwa strategi ekspositori efektif digunakan dalam pendidikan akhlak apabila dikombinasikan dengan pendekatan kontekstual, pemberian keteladanan, dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Strategi ini tidak hanya memperkuat aspek kognitif, tetapi juga berkontribusi dalam pembentukan aspek afektif siswa. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi ekspositori memiliki potensi yang besar dalam pendidikan nilai, terutama jika diterapkan melalui pendekatan yang kreatif, reflektif, dan berpusat pada siswa. Temuan ini memberikan kontribusi konseptual terhadap pengembangan model pembelajaran akhlak yang relevan dengan tantangan pendidikan modern

References

Adri, H. T., Fauziah, R. S. F., Suherman, I., Indra, S., Sesrita, A., Syamsudin, D., & Sudjani, D. H. (2023). Pelatihan penulisan karya ilmiah penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas guru profesional. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 144–119. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.5496

Adri, H. T., Suwarjono, F., Hamamy, M., Ichsan, M., & Sumarni, D. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kualitas pendidikan dan ekonomi di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 93–103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612

Azzahra, A. H., Islam, U., Imam, N., Padang, B., & Padang, K. (2025). Implementasi strategi pembelajaran ekspositori dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), [halaman belum tersedia].

Firman. (2017). Peran mata pelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukan akhlak peserta didik di MTs Khazanah Kebajikan Ciputat Tangerang Selatan [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah].

Fitriani, N. A. (2017). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darul Ulum Srikandang Bangsri Jepara tahun pelajaran 2016/2017 [Skripsi, IAIN Kudus].

Gultom, I. Y., Adri, H. T., & Indra, S. (2021). Hubungan kecerdasan interpersonal siswa terhadap kecenderungan perilaku verbal bullying di sekolah dasar. Sittah: Journal of Primary Education, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3398

Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Humairoh, S. Z., Parapat, K. M., Nurhafizah, Nurhaliza, E. S., Siregar, Y. A., & Yuliana, E. Y. (2023). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran IPS di SD/MI Humairoh. Jurnal Pendidikan Dasar, 7, 32503–32508.

Istiqomah, D. A. (2023). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori guru Akidah Akhlak untuk menanamkan nilai-nilai akhlak pada siswa di MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan [Skripsi, IAIN Pekalongan].

Jelita, J., & Adri, H. T. (2024). Upaya meningkatkan karakter kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekolah melalui pendidikan lingkungan hidup di SD Negeri 4 Merapi Barat. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(2), 114–127.

Pratama, M. I., Adri, H. T., & Laeli, S. (2024). Hubungan kasih sayang orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas 5 SDN Pakuan Bogor. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 1–30. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/3

Sanjaya, W. (2019). Implementasi strategi ekspositori dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kesadaran beragama peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Sidrap [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar].

Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Yogyakarta: Pedagogia.

Syawaluddin, M. A. (2024). Dekadensi moral remaja muslim pengguna media sosial dalam tinjauan etika Ibnu Miskawaih. Jurnal Etika Islam, 6(1).

Zuhairini. (2019). Tantangan pembentukan identitas bangsa dalam masyarakat majemuk. Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 2(4), 20–29..

Downloads

Published

2025-07-13

How to Cite

Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Siswa. (2025). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(2), 175-183. http://www.didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/33

Similar Articles

11-20 of 33

You may also start an advanced similarity search for this article.