Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata PelajaranIlmu Pengetahuan Sosial MateriAlat TransportasiMenggunakan Media Gambar diSD Negeri 3 Poncowarno
Keywords:
Media Gambar , Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian dimaksudkan untuk memperoleh pemahaman mengenai manfaat media gambar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas Ilmu Pengetahuan Sosial. Permasalahan nya adalah prestasi belajar peserta didik yang rendah pada kelas IV SD Negeri 3 Poncowarno pada kelas Ilmu Pengetahuan Sosial Pertanyaannya apakah hasil belajar peserta didik kelas IV Ilmu Pengetahuan Sosial SD Negeri 3 Poncowarno dapat ditingkatkan dengan menggunaan media gambar. Dengan menggunakan model kemmis dan Mc.Taggart penelitian inidilaksakan dengan dua siklus.Tahapan meliputi perencanan,pelaksanaan,pengamatan dan Refleksi.Media gambar adalah media yang tepat untuk pendidikan ilmu sosial. Data yang diperoleh dalam penelitian mencakup dari pengamatan Kegiatan tenaga pendidik dan lembar pengamatan Kegiatan peserta didik. sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Poncowarno yang berjumlah 30 orang. Pengujian penilaian hasil tindakan siklus I menunjukkan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 46,66% dan tingkat serapan klasikal sebesar -57,6%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai tes penilaian kesiapan. Siklus II mencapai tingkat ketuntasan klasikal sebesar 90% dan tingkat penyerapan klasikal sebesar 77,5%. Hal ini dapat diartikan pembelajaran Siklus II memenuhi kriteria keberhasilan yaitu skor serapan klasikal sebesar 70 dan skor ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Pentingnya kemampuan serapan klasikal dan integritas belajar klasikal dalam kegiatan pembelajaran Siklus II menunjukkan bahwa media gambar dapat meningkatkan pengalaman belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Poncowarno
References
Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023). PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 02 TAJUR. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219–225. https://nafatimahpustaka.org/pengmas/
Adri, H. T., Suwarjono, Hamamy, F., Ichsan, M., & Sumarni, D. (2021). Pemberdayaan Mayarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 93–103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612
Adri, H. T., Suwarjono, S., Sapari, Y., & Maryani, N. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Policy Direction andImplementation for Progress of Study Program. ContinuousEducation: Journal of Science and Research, 4(2), 13–22. https://doi.org/10.51178/ce.v4i2.1446
Effanne, A., & Adri, H. T. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Mengembangkan Minat Siswa Terhadap Penbelajaran Seni Budaya. In Journal Of Education Research P (Vol. 1, Issue 2). https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/index
Erlina, & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan di Program Studi PGSD Universitas Djuanda. Journal Of Education ResearchP, 1(2), 158–163. https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/index
Helmi, Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24–28.
Kurniasari, D., & Adri, H. T. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Tematik Kelas Awal di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Pada Guru Kelas 1-3 SD Al Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor). Journal Of Education Research P, 1(2), 143–152. https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/
Makarim, H., Holipah, S., & Helmi. (2018). The DevelepmentBook of Story Based Sunda’s Culture as Intructional Media. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70–82.
Putri, E. A., Adri, H. T., Lathifah, Z. K., Muhdiyati, I., & Efendi, I. (2023). MENTORING IN THE IMPLEMENTATION OF STUDENT CHARACTER AND CREATIVITY EDUCATION IN SB KAMPUNG BHARU, MALAYSIA. Djuanda Internasional Conference, 229–235.
Suherman, I., Fauziah, R. S. P., Adri, H. T., Sujana, D. H., Qalbi, R. S., Nurzaini, K., & Rahmawati, T. (2023). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building). Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 125–133. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i2.7353
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.