Penerapan Teknik Tusuk Sate Dengan Media Audio Visual Dalam Pelajaran Pembagian di Kelas III SDN Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay

Authors

  • Kania Sari Universitas Terbuka Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author

Keywords:

teknik tusuk sate, media audio visual, pembelajaran pembagian

Abstract

Belajar matematika khususnya pembagian, seringkali menjadi tantangan bagi siswa di kelas III karena kurangnya memahami materi dan hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM. Untuk menyelesaikan masalah ini, strategi pembelajaran yang kreatif dan menarik harus digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN Gunung Leutik 03 dalam pembagian melalui teknik tusuk sate dengan media audio visual. Untuk mengetahui apakah teknik tusuk sate dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Gunungleutik 03. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK dan dilaksanakan pada Siklus 1 & 2 di lakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebanyak 37 siswa SDN Gunungleutik 03 kelas III, 19 siswa laki-laki dan 1 siswa Perempuan menjadi subjek penelitian. Pengamatan, pengujian, dan pendokumentasian, adalah metode pengumpulan data yang di gunakan. Jika nilai rata-rata naik dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, indikator keberhasilan ditetapkan. Hal ini ditunjukan oleh kenaikan nilai rata-rata kelas, yang naik dari 42,2 sebelum prasiklus menjadi 72,9 pada siklus I sebelum naik sekali lagi menjadi 88 pada siklus II. Dengan demikian, tekhnik tusuk sate dengan media audio visual terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Gunungleutik 03 pada materi pembagian.

References

A Sriwardani, HT Adri. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata PelajaranIlmu Pengetahuan Sosial MateriAlat TransportasiMenggunakan Media Gambar diSD Negeri 3 Poncowarno. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (2), 87-102

AD Hakikah, HT Adri. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tim Game Tournament (TGT). Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (1), 31-43

Adri, H. T., Fauziah, R. S. P., Suherman, I., Sesrita, A., Indra, S., Syamsudin, D., & Sudjani, D. H. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Penelitian Tindakan Kelas Untuk Karir Profesional. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(2), 80–89. https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i2.1292

Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023). Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SD Negeri 02 Tajur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219-225.

AF Racastilo., HT Adri. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Simbol Pancasila Menggunakan Kartu Bergambar Kelas II di SDN 1 Purwoagung Tegaldlimo Banyuwangi

Apriliani, Rifka, Helmia Tasti Adri, Dan Syukri Indra. “Penanaman Pendidikan Karakter Dan Nilai-Nilai Budaya Di Sd Muslim Suksa Thailand.” Karimah Tauhid 3, No. 4 (2024): 4018–31. Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V3i4.12631.

Asari, Andi, dkk. (2023). Media Pembelajaran Era Digital. Yogyakarta: Istana Agency. Fikri, H, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman.Siswa Pada Materi Pembagian untuk Siswa Kelas III SD. Bantul Yogyakarta: Jurnal Riset Pedagogik.

Dwiyono, Y. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NE GERI 019 SAMARINDA ULU. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur. 1, 175-190.

Daronsyah, I., Tasti Adri, H., & Affane, A. (2024). ANALISIS PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 322–229. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.13027

Effanne, A., & Adri, H. T. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Mengembangkan Minat Siswa terhadap Penbelajaran Seni Budaya. Journal of Education Research, 1(2), 153–157. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/view/138%0Ahttp://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/download/138/84

Erlina, E., & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan Di Program Studi PGSD Universitas Djuanda. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 158-163.

F Alfandi, HT Adri, A Kholik. (2024). Alfandi, F., Adri, H. T., & Kholik, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sdn Sukagalih 03. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 61-76.

Fauziah, R. S.F., Adri, H. T., Suherman, I., Indra, S., Sesrita, A., Syamsudin, D., & Sudjani, D. H. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Profesional. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 144-119. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.5496

Febriyanti, S. ., Adri, H. T., & Indra, S. (2024). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Madang 05. Karimah Tauhid, 3(8), 9116–9125. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14986

Fitriyani, E. L., Adri, HT., & Halim Sudjani, desky. (2022). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(4), 269–283. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6785

FRK Nurkahfi, HT Adri, M Ichsan. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPA. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA 2 (2), 131-137

H. T. Adri, R. S. P. Fauziah, A. Sesrita, S. Indra, N. Monaya, I. Suherman, R. A. Pengestu. Particle board from rubber woods: Concept, technology, cost analysis, and application for teaching aids in science subjects in elementary schools. 2024(2), 177 – 184

H. T. Adri, Suwarjono, F. Hamamy, M. Ichsan and D. Sumarni, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor,” Educivilia, vol. 2, no. 1, pp. 93-103, 2021.

Helmanto, F., & Adri, H. T. (2023). Microlearning Framework in Thematic Teaching Based on Hy-Flex Approach at the Indonesian Primary School. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 95–107. https://doi.org/10.30997/dt.v10i1.8143

Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perubahan Miskonsepsi Siswa pada Perkuliahan Evolusi Melalui Dual Situated Learning Model. BIOEDUKASI : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 176–181.

Harefa, E., dkk. (2024). BUKU AJAR TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Sumatera Utara: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hermaliani, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Pembagian untuk Siswa Kelas III SD. Jurnal Riset Pedagogik, 7 (1), 275.

Helmi, H., Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA di SD Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24–28. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.105

Helmi, Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Students’ concept mastery: Reasoning ability and concept mastery of evolution. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 1(1), 23-29. https://doi.org/10.30997/ijsr.v1i1.7

Hikam Alfarabi, M., Pupu Fauziah, R. S., & Tasti Adri, H. (2024). ANALISIS KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS TERHADAP KEPUASAN KINERJA GURU DAN KARYAWAN DI MADRASAH ALIYAH BAITURRAHMAN. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(5), 506–513. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i5.14839

HT Adri, F Hamamy, M Ichsan, D Sumarni. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2 (1), 93-103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612

HT Adri, S Suwarjono, M Ridwan, T Kusnaedi . (2025). Implementation of Non-Formal Educational Learning Activities at the Abituren Mustafawiyah Sanggar Family Tutoring Malaysia. Education Achievement: Journal of Science and Research, 6(1), 215-221

HT Adri, S Suwarjono, Y Sapari, N Maryani. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Policy Direction and Implementation for Progress of Study Program. Continuous Education: Journal of Science and Research 4 (2), 13-22. https://Doi.org/10.51178/ce.v4i2.1446

HT Adri, SA Yudianto, A Mawardini, A Sesrita.(2020). Using animated video based on scientific approach to improve students higher order thinking skill. Indonesian Journal of Social Research (IJSR) 2 (1), 9-17. https://doi.org/10.30997/ijsr.v2i1.23

HT Adri,. Suwarjono. (2023). Developing Science E-Modules based on Scientific reasoning Skills for Primary Education Course. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6480-6486. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4727

IN Fudhlah, HT Adri, D Syamsudin. Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar di Maitreechit Wittayathan School Thailand. Karimah Tauhid 3 (2), 1335-1348. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11825

Indra, S. (2015). Aspek-Aspek Pendidikan Yang Terdapat Dalam Kisah Nabi Musa AS Dan Nabi Khaidir AS Serta Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik (Kajian QS Al-Kahfi Ayat 60-82). TADBIR MUWAHHID, 4(1).

IY Gultom, HT Adri, S Indra. (2021). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Siswa Terhadap Kecenderungan Perilaku Verbal Bullying Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education 2 (2), 121-130. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3398

J Jelita,. HT Adri. (2024). Upaya Meningkatkan Karakter Kepedulian Terhadap Kebersihan Lingkungan Sekolah Melalui Pendidikan Lingkungan Hidup Di SD Negeri 4 Merapi Barat. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (2), 114-127

Kurniasari, D., & Adri, H. T. (2022). Implementasi model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran tematik kelas awal di sekolah dasar. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 143-152. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/view/137

Makarim, H., Holipah, S., & Helmi, H. (2018). The Development Book Of Story Based Sundanese Culture As Media On Indonesian Language With Pantun Material In Iv Class Elementary School. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70. Https://Doi.Org/10.30997/Dt.V5i 1.1105

Maulida, N. A., Tasti Adri, H., & Kholik, A. (2024). IMPLEMENTASI BUDAYA LOKAL MASYARAKAT THAILAND DAN PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI PHATNAWITYA DEMONSTRATION SCHOOL YALA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 458–467. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i4.15366

MD Ruhiyat, HT Adri, S Laeli. Analysis of the Learning Culture of Grade 6 Students of Satit Phatnawitya Yalla Elementary School Thailand. ALACRITY: Journal of Education, 75-85. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.239

Ms. Hidayat., HT, Adri. (2024). Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Perbandingan Kualifikasi Dan Sertifikasi Guru (Studi Literature Data Di Kabupaten Cianjur Dan Kabupaten Bandung Jawa Barat ). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 44-60. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/5

Nurkilah, S., & Adri, HT. (2022). Pendampingan Pembelajaran Luring untuk anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN AKB, Desa Ciburuy: Indonesia. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 117–123. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6203

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca (Maharah Al-Qiro’ah) Bahasa Arab Kelas V MI Darul Jannah Caringin, Bogor. ZRZ Rahmawati, HT Adri, D Syamsudin. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5 (1), 23-33. https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i1.10232

Pratama, M. I., Adri, H. T., Laeli, S. (2024). Hubungan Kasih Sayang Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Pakuan Bogor. Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 01-30. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/3

R Mursyid, HT Adri, F Helmanto. PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DALAM LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN BENDA KECAMATAN CICURUG SUKABUMI. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA 2 (1), 1-9. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i1.11274

Ramdani, Tasti Adri, H., & Safari, Y. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS V SDN SELAKOPI KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 306–312. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.13077

Rasmitadila, Teguh Prasetyo, Helmia Tasti Adri, Muhammad Ichsan. 2021. Pelatihan Strategi Pembelajaran Berbasis Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (Sipao) Untuk Guru Inklusif Di Sekolah Dasar. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat 11 (1), 105-114

Salsabila, K. A., Helmia Tasti Adri, & Fauziyatul Hamamy. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas VB di SDN Nagrak 01 Kabupaten Bogor . Karimah Tauhid, 3(9), 10821–10827. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14953

Sendika, A. S., Firmansyah, W. ., & Adri, H. T. . (2024). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Religius di SDIT ALIF . Karimah Tauhid, 3(8), 8800–8815. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14862

Suherman, I., Fauziah, R. S. P., Adri, H. T., Sujana, D. H., Qalbi, R. S., Nurzaini, K., & Rahmawati, T. (2023.). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building). Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 125-133. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14863

Sulastri, A., Adri, H. T., & Syamsudin, D. (2024). The Role of Teachers in Improving Quality of Education and Developing Competencies of Primary School Students at Muslim Suksa School Thailand. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.51178/ce.v5i1.1656

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Widyasari, W., Adri, H. T., Hasnin, H. D., Gaffar, A. A., Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Lathifah, Z. K., & Ariah, A. (2022). Analisis Kebutuhan Inovasi Model Pembelajaran Bauran Moda Webinar bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Tunadaksa dengan Alat Bantu Mobilitas (Model Hybrid Webidaksa). Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 25–37. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4725

Yuni Nursaniah, S., Bisri, H., & Tasti Adri, H. (2024). HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI CILEMBER 01. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(5), 499–505. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i5.14685

Downloads

Published

2025-02-06

How to Cite

Penerapan Teknik Tusuk Sate Dengan Media Audio Visual Dalam Pelajaran Pembagian di Kelas III SDN Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay. (2025). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(1), 34-54. http://www.didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/20

Similar Articles

1-10 of 32

You may also start an advanced similarity search for this article.