Upaya Meningkatkan Karakter Kepedulian Terhadap Kebersihan Lingkungan Sekolah Melalui Pendidikan Lingkungan Hidup Di SD Negeri 4 Merapi Barat
Keywords:
Kebersihan lingkungan, pembentukan karakter, peran guru, lingkungan hidup, pendidikan lingkungan hidupAbstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan karakter kepedulian terhadap kebersihan lingkungan yang ada di SD Negeri 4 Merapi Barat melalui pendidikan lingkungan hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana siswa memiliki kesadaran dan partisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah, mengeksplorasi upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan karakter tersebut. Metode yang digunakan adalah studi kasus tentang pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kurikulum serta kegiatan sekolah terkait lingkungan hidup. penelitian ini menunjukkan bahwa program-program dalam pendidikan lingkungan berhasil meningkatkan karakter peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah, melalui kegiatan seperti jum’at bersih, jum’at sehat, dan jum’at berbagi yang ditekankan dengan contoh dan kebiasaan dalam menjaga kebersihan. Implementasi kegiatan ini berjalan lancar, siswa mampu memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkunganan
References
Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023).PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 02 TAJUR. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219–225. https://nafatimahpustaka.org/pengmas/
Adri, H. T., Suwarjono, Hamamy, F., Ichsan, M., & Sumarni, D. (2021). Pemberdayaan Mayarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 93–103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612
Adri, H. T., Suwarjono, S., Sapari, Y., & Maryani, N. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Policy Direction andImplementation for Progress of Study Program. ContinuousEducation: Journal of Science and Research, 4(2), 13–22. https://doi.org/10.51178/ce.v4i2.1446
Effanne, A., & Adri, H. T. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Mengembangkan Minat Siswa Terhadap Penbelajaran Seni Budaya. In Journal Of Education Research P (Vol. 1, Issue 2). https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/index
Erlina, & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan di Program Studi PGSD Universitas Djuanda. Journal Of Education ResearchP, 1(2), 158–163. https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/index
Helmi, Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24–28.
Kurniasari, D., & Adri, H. T. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Tematik Kelas Awal di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Pada Guru Kelas 1-3 SD Al Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor). Journal Of Education Research P, 1(2), 143–152. https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/
Makarim, H., Holipah, S., & Helmi. (2018). The DevelepmentBook of Story Based Sunda’s Culture as Intructional Media. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70–82.
Putri, E. A., Adri, H. T., Lathifah, Z. K., Muhdiyati, I., & Efendi, I. (2023). MENTORING IN THE IMPLEMENTATION OF STUDENT CHARACTER AND CREATIVITY EDUCATION IN SB KAMPUNG BHARU, MALAYSIA. Djuanda Internasional Conference, 229–235.
Suherman, I., Fauziah, R. S. P., Adri, H. T., Sujana, D. H., Qalbi, R. S., Nurzaini, K., & Rahmawati, T. (2023). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building). Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 125–133. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i2.7353
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.