Analisis Dampak Program Guru Penggerak Terhadap Kualitas Pembelajaran di SDN Tugu
Keywords:
guru penggerak, kualitas pembelajaran, proses belajar, lingkungan belajar, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Program Guru Penggerak terhadap kualitas pembelajaran di SDN Tugu. Fokus penelitian meliputi tiga dimensi utama: proses pembelajaran, hasil pembelajaran, dan lingkungan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran guru penggerak membawa perubahan signifikan dalam proses belajarmengajar, baik dari segi metode pembelajaran, keterlibatan siswa, hingga peningkatan hasil belajar. Selain itu, lingkungan pembelajaran menjadi lebih inklusif dan kolaboratif. Guru penggerak bertindak sebagai pemimpin pembelajaran yang mampu menginspirasi perubahan positif di lingkungan sekolah. Temuan ini memperkuat pentingnya implementasi Program Guru Penggerak sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan di tingkat dasar.
References
Adi Apriadi Adiansha, & Ulfariani. (2022). Analisis dampak kehadiran guru penggerak di sekolah dasar kabupaten bima. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 116-126.
Agusnani, N. H., Gunawan, P., Wicaksono, L., Waruwus, M., & Hastuti, N. (2024). Pengaruh program guru penggerak terhadap perilaku organisasi guru di tengah tantangan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 1-10.
Adri, H. T., & Suwarjono, S. (2025). Analisis kebutuhan media adaptif dan strategi pembelajaran IPA dalam konteks pendidikan inklusif di sekolah dasar Kabupaten Bogor. ALACRITY: Journal of Education, 1090–1100.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Dr. Siti Aisyah. (2023). Program Guru Penggerak: Langkah Strategis Menuju Pemimpin Pembelajaran. https://www.republika.co.id/berita/q5b4t3332/program-guru-penggerak-langkah-strategis-menuju-pemimpin-pembelajaran
Faiz, A., & Faridah. (2022). Program guru penggerak sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 87-94.
Feagen, R., Orum, A. M., & Sjoberg, G. (2021). The handbook of qualitative research. Routledge.
Flick, U. (2018). An introduction to qualitative research. Sage publications.
Hattie, J. (2009). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge.
Kemendikbud. (2020). Standar Kompetensi Dasar (SKD) Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbudristek. (2023). Program Guru Penggerak. https://www.kemdikbud.go.id/guru-penggerak
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). (2020). Panduan Program Guru Penggerak. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kusumawati, D. (2020). Peran guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(2), 123-130.
Lestari, M., & Wahyuni, S. (2020). Pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 1-8.
Miftahul Ulum. (2024). Peran Guru dalam Membangun Karakter Siswa. https://www.miftahululum.ac.id/peran-guru-dalam-membangun-karakter-siswa
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nenah, S. N., Adri, H. T., & Kholik, A. (2025). Kreativitas guru dalam menghadapi hambatan pembelajaran siswa di Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia Klang, Selangor Malaysia. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 3(2), 140–149.
Nugroho, A., et al. (2020). Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurjannah, N. T. H., Nirmala, P. N., Lestari, A., & Nirmalasari, P. (2023). Guru penggerak sebagai bentuk peningkatan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 1-10.
Pendidikan Karakter. (2024). Guru Penggerak: Agen Perubahan di Sekolah. https://www.pendidikan-karakter.org/artikel/guru-penggerak
Prof. Ahmad Rizal. (2023). Inovasi dalam Metode Pengajaran: Pentingnya Menjawab Tantangan Pendidikan di Era Digital. https://www.beritasatu.com/edu/864666/inovasi-dalam-metode-pengajaran-pentingnya-menjawab-tantangan-pendidikan-di-era-digital
Prof. Maria Lestari. (2023). Setiap Wilayah Memiliki Konteks Sosial dan Budaya yang Unik. https://www.republika.co.id/berita/r2419331/setiap-wilayah-memiliki-konteks-sosial-dan-budaya-yang-unik
Putri, A. N., & Ahmad, M. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 1-7.
Rahmawati, N. (2022). Peran guru penggerak dalam membangun budaya sekolah yang positif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-8.
Rahmawati, N., et al. (2020). Pengaruh fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(1), 1-8.
Ramadhan, A., & Mardiana, R. (2022). Kualitas pembelajaran: Konsep, dimensi, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 1-10.
Rokhadi, A. (2021). Guru penggerak sebagai roda perubahan pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(1), 1-7.
Sibagariang, L., et al. (2021). Guru penggerak: Agent of change in education. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 1-10.
Sitompul, S. (2022). Peran guru penggerak dalam meningkatkan literasi media digital siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 1-8.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R & D. Alfabeta
.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Suharyadi, S. (2021). Peran guru penggerak dalam memimpin pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(2), 1-7.
Sukardi, A., & Soetjipto. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Syahril. (2020). Guru Penggerak: Roda Perubahan Pendidikan. https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/28/115200271/guru-penggerak-roda-perubahan-pendidikan
Syamsudin, A., & Purwanto. (2023). Kualitas pembelajaran: Konsep, dimensi, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT Penerbit Buku Utama.
Wijaya, A., & Iskandar, F. (2022). Lingkungan belajar yang mendukung: Kunci keberhasilan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 1-8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.