Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPAS di SDN Gentramasekdas

Authors

  • Dhea Amanda Zhani Alistriani Universitas Djuanda Author
  • Wiworo Retnadi Rias Hayu Universitas Djuanda Author
  • Yusuf Safari Universitas Djuanda Author

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, motivasi belajar, IPAS

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SDN Gentramasekdas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi melalui media PowerPoint interaktif dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket motivasi belajar dan diuji validitas serta reliabilitasnya. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,556 > 0,05, yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi belum memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa

References

Ali, S., Moonti, U., & Yantu, I. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1553. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1553-1560.2022

Adri, H. T., & Suwarjono, S. (2025). Analisis kebutuhan media adaptif dan strategi pembelajaran IPA dalam konteks pendidikan inklusif di sekolah dasar Kabupaten Bogor. ALACRITY: Journal of Education, 1090–1100.

Adri, H. T., Fauziah, R. S. P., Sesrita, A., Indra, S., Monaya, N., Suherman, I., & Pengestu, R. A. (2025). Particle board from rubber woods: Concept, technology, cost analysis, and application for teaching aids in science subjects in elementary schools. Journal of Engineering Science and Technology, 20(1), 177–184.

Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023). Pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 02 Tajur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219–225.

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, j. l. a. (2021). pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce tokopedia di kota manado the influence of brand image, promotion and service quality on consumer purchase decisions on tokopedia e-commerce in manado city. 663 jurnal emba, 9(2), 663–674.

Ariyanti, & Konseling, D. (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang (Vol. 4).

Azmy Bahauddin. (2023). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar (Vol. 7, Issue 2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa

Danuri. (2023). Untuk Sekolah Dasar Inklusif.

Maharani, Maharani, E., Sumanti, Sp., & Hariki Fitrah, Mp. (2024). motivasi belajar dalam pendidikan. www.penerbitlitnus.co.id

Muafiah, A. (2020). analisis motivasi belajar dan hasil belajar daring mahasiswa pada masa pandemik covid-19. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Olivia, J., & Nurfebiaraning, S. (n.d.). pengaruh video advertising tokopedia versi “jadikan ramadan kesempatan terbaik” terhadap respon afektif khalayak (Vol. 7).

Sanaky. (2021). analisis faktor-faktor penyebab keterlambatan pada proyek pembangunan gedung asrama man 1 tulehu maluku tengah. 11.

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). penerapan pendekatan realistic mathematics education (rme) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. 2(2), 71–80.

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Siti Sarah, Mp. (2021). pengembangan instrumen angket.

Slamet dan, R., & Wahyuningsih, S. (n.d.). validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kepuasan kerja.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPAS di SDN Gentramasekdas. (2025). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(3), 253-262. http://www.didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/40

Similar Articles

11-20 of 32

You may also start an advanced similarity search for this article.