Hubungan Kasih Sayang Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Pakuan Bogor

Authors

  • Muhammad Iqbal Pratama Universitas Djuanda Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author
  • Sobrul Laeli Universitas Djuanda Author

Keywords:

Hubungan, Kasih Sayang , Motivasi Belajar

Abstract

Ditemukan bahwa masalah yang ditemukan berkaitan dengan kasih sayang kepada orang tua dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kasih sayang orang tua dengan motivasi belajar peserta didik di SDN Pakuan di kelas 5 tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Tempat penelitian ini dilaksanakan adalah di SDN Pakuan Bogor di kelas 5. Tahapan penelitian ini yaitu mencari masalah, pembuatan angket, uji validitas, uji reliabilitas, pengumpulan data, analisis faktor, uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi. Hasil penelitiannya yaitu R = 0,399 terletak di interval antara 0,20 - 0,399, maka termasuk dalam kategori “Rendah”. Dengan ungkapan lain yaitu Ha : ρYX ≠ 0 atau ada hubungan antara variabel X dengan Variabel Y. Tanda positif (+) memperlihatkan bahwa hubungan atau korelasi antara kasih sayang orang tua dengan motivasi belajar yaitu hubungan yang positif.  Pada uji Sig., diperoleh hasil yaitu Sig. = 0,130 > dari 0,05 maka tidak signifikan. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara kasih sayang orang tua dengan motivasi belajar, namun tidak signifikan

References

Adevita, M., & Widodo. (2021). Peran orang tua pada motivasi belajar anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 5(1), 64–77. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/13539

Adri, H. T., Suwarjono, Sesrita, A., & Sudjani, D. H. (2021). The Online Assessment in Education Course. Journal of Physics: Conference Series, 1918(5), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052086

Almanaj. (n.d.). Memperlakukan anak dengan lemah lembut tanpa kekerasan. Retrieved March 17, 2023, from Almanaj website: https://almanhaj.or.id/2627-memperlakukan-anak-dengan-lemah-lembut-tanpa-kekerasan.html

Andari, E. N., Adri, H. T., & Humaira, M. A. (2022). Perlakuan orang tua pada pembentukan kepribadian siswa. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(4), 238–250. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/6783

Asmarita, Eliyah, & Adnan. (2020). Pengaruh pemberian pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Subsidi Tarbiyatul Islam Sambas. Cross-Border, 3(2), 166–179. Retrieved from http://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/689

Azizah, L. (2022, January 3). Cara menghormati orang tua sebagai bentuk rasa sayang anak. Retrieved from Gramedia website: https://www.gramedia.com/best-seller/cara-menghormati-orang-tua/

Cambridge dictionary. (2023). Retrieved March 11, 2023, from Cambridge University Press & Assesment website: https://dictionary.cambridge.org/

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Collins online dictionary. (2023). Retrieved March 11, 2023, from Collins website: https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/caring

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Handayani, H. L., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Perilaku negatif siswa: Bentuk, faktor penyebab, dan solusi guru dalam mengatasinya. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 215–224. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.760

Handayani, R. (2019). Pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 15–26. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/916

Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapillow, F. S., & Hidayat, T. (2019). Preconception analysis of evolution on pre-service biology teachers using certainty of response index. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022033

Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perubahan Miskonsepsi Siswa pada Perkuliahan Evolusi Melalui Dual Situated Learning Model. BIOEDUKASI : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 176–181. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v%vi%i.32950

Helmi, Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Misconception Types Analysis on Mechanism of Evolution. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012169

Helmi, T. A., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perspektis Ilmiah dan Keyakinan Terhadap Evolusi Mahasiswa Biologi di Universitas Berbasis Agama. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 83–92

Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran keluarga dalam membangun karakter anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144–152. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2887

Ilahi, M. T. (2013). Quantum parenting: Kiat sukses mengasuh anak secara efektif dan cerdas. Yogyakarta: KATAHATI.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2016, October 27). Play Store.

Lathifah, Z. K. L., Adri, H. T., Utami, I. I. S., Sya, M. F., & Uslan. (2021). Analysis of the Effectiveness of Blended-Based Classroom Management During the Covid-19 Pandemic. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasr, 8(2), 147–162. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.

Li, P. (2022, December 15). How parental love helps a child succeed in life. Retrieved March 16, 2023, from parenting for brain website: https://www.parentingforbrain.com/parental-love/

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Lubis, U. W., Hasibuan, B. L., Angreiny, H., & Tanjung, S. R. (2022). Faktor resiko kejadian yang menyebabkan buta huruf pada anak sekolah di Desa Batang Bulu Baru, Kecamatan Barumun Selatan, Padang Lawas. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1886–1889. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2735

Makarim, H., Holipah, S., & Helmi. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Kebudayaan Sunda Sebagai Media Pembelajaran. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70–82.

Meiryani. (2021, August 12). Memahami nilai standard deviation (standar deviasi) dalam penelitian ilmiah. Retrieved January 19, 2023, from Binus University

Mianoki, A. (2022, October 6). Faidah hadits tentang keutamaan ilmu. Retrieved March 17, 2023, from muslim.or.id website: https://muslim.or.id/58413-faidah-hadits-tentang-keutamaan-ilmu.html

Moore, K. A., & Zaff, J. F. (2002). Building a better teenager: A summary of “what works” in adolescent development. Washington, DC. Retrieved

Muasomah, L. (2015). Menumbuhkan rasa kasih sayang dalam menangani anak bermasalah. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(2), 181–197. Retrieved from http://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/85

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/537

Muslim. (2020). Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar anak dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. Yogyakarta: Deepublish.

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Prasetyo, A. A. (2020). Internalisasi hadis kasih sayang dalam mewujudkan social interest di era disrupsi. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 21(1), 217–225. https://doi.org/10.14421/qh.2020.2101-11

Rahmatullah, A. S. (2014). Konsepsi pendidikan kasih sayang dan kontribusinya terhadap bangunan psikologi pendidikan Islam. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(1), 29–52. https://doi.org/10.21927/literasi.2014.5(1).29-52

Rohner, R. P., Khaleque, A., & Cournoyer, D. E. (2005). Parental acceptance-rejection: Theory, methods, cross-cultural evidence, and Implications. Ethos, 33(3), 299–334. https://doi.org/10.1525/eth.2005.33.3.299

Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 143–146.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran orang tua dalam miningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201–212. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/607

Rusmiaty, E., Adri, H. T., & Mawardini, A. (2020). Development of Science Learning Media Monsains (Science Monopoly) in Human Imgestion System Materials for Elementary School. Indonesian Journal of Social Research, 2(3), 218–223.

Rusyan, T. (2002). Peran orang tua dalam lingkungan keluarga. Semarang: Toha Putra.

Sakdiah, N. (2017). Pendidkan karakter melalui pembinaan kasih sayang dalam pandangan Islam. Utile: Jurnal Kependidikan, 3(2), 202–211. Retrieved from https://www.jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/78

Suardi, M. (2018). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesia Learning: Towards The Academic Achievement of Communicative Comperence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Talent Education Inc. (2016). U-Dictionary. Play Store.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Umatin, N. K. (2010). Aku menyayangi keluargaku. Klaten: Saka Mitra Kompetensi.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahidin. (2019). Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak sekolah dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 3(1), 232–245. Retrieved from https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291

Widiasworo, E. (2016). 19 kiat sukses membangkitkan motivasi belajar peserta didik (N. Hidayah, Ed.). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wordnet. (2010). Retrieved March 11, 2023, from Princeton University website: http://wordnetweb.princeton.edu/perl/webwn

Yayasan Yufid Network. (2020, May 4). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Play Store.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Hubungan Kasih Sayang Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Pakuan Bogor. (2024). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 01-30. http://www.didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/3

Most read articles by the same author(s)