Peran Kompetensi Guru dalam Menjamin Keberhasilan Pendidikan Inklusif bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar

Authors

  • Shakilla Azzahra Universitas Djuanda Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author

Keywords:

Kompetensi Guru, Pendidikan Inklusif, Siswa Berkebutuhan Khusus, Sekolah Dasar, Keberhasilan Pembelajaran

Abstract

Kompetensi guru merupakan fondasi utama dalam penerapan pendidikan inklusif di sekolah dasar, karena keberhasilannya sangat bergantung pada pemahaman guru terhadap kebutuhan beragam siswa dan kemampuan dalam menyesuaikan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kompetensi guru dalam menjamin keberhasilan pendidikan inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan dokumentasi sebagai sumber data utama. Subjek penelitian adalah guru kelas 6 di Cempaka International School, Malaysia. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber, yaitu observasi langsung proses pembelajaran, analisis kemampuan siswa dalam memahami materi, serta dokumentasi terkait kebutuhan individu siswa dari pihak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru sangat menentukan keberhasilan sistem pendidikan inklusif. Guru yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan personal mampu menciptakan lingkungan belajar yang setara, mendukung, dan responsif terhadap kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan pemangku kebijakan pendidikan dalam meningkatkan implementasi pendidikan inklusif secara efektif di sekolah dasar

References

Abba, U. M., & Rashid, A. M. (2020). Teachers’ competency requirement for implementation of inclusive education in Nigeria. Universal Journal of Educational Research, 8(3C), 60–69. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081607

Adri, H. T., Suwarjono, F., Hamamy, M., Ichsan, M., & Sumarni, D. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kualitas pendidikan dan ekonomi di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 93–103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612

Arnaiz-Sánchez, P., De Haro-Rodríguez, R., Caballero, C. M., & Martínez-Abellán, R. (2023). Barriers to educational inclusion in initial teacher training. Societies, 13(2), 1–13. https://doi.org/10.3390/soc13020031

Arvelo-Rosales, C. N., De La Rosa, O. M. A., & Guzmán-Rosquete, R. (2021). Initial training of primary school teachers: Development of competencies for inclusion and attention to diversity. Education Sciences, 11(8). https://doi.org/10.3390/educsci11080413

Dole, F. E. (2021). Pengaruh pendidikan karakter terhadap kedisiplinan peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026

Farah, A., Agustiyawati, Rizki, A., Widiyanti, R., Wibowo, S., Tulalessy, C., Herawati, F., & Maryanti, T. (2022). Panduan pendidikan inklusif. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemendikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/08/Panduan-Pelaksanaan-Pendidikan-Inklusif.pdf

Geleta, A. D. (2019). School principals and teachers’ perceptions of inclusive education in Sebeta Town primary government schools, Sebeta, Ethiopia. International Journal of Technology and Inclusive Education, 8(1), 1364–1372. https://doi.org/10.20533/ijtie.2047.0533.2019.0166

Koyan, P. D. I. W. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Rake Sarasin.

Macabenta, J. M., Manubag, C. V., Tabanag, J. C., Villegas, N. B., Villegas, T. M., & Cabanilla, A. J. (2023). Inclusive education: Lived experiences of 21st century teachers in the Philippines. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 11(4), 454–462. https://doi.org/10.22214/ijraset.2023.48982

Marisana, D., & Herawati, N. I. (2023). Pengaruh kompetensi guru dalam proses pembelajaran inklusi di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5072–5087.

Martín-Pastor, E., Sánchez-Barbero, B., Corrochano, D., & Gómez-Gonçalves, A. (2023). What competencies and capabilities identify a good teacher? Design of an instrument to measure preservice teachers’ perceptions. Education Sciences, 13(8). https://doi.org/10.3390/educsci13080789

Rabi, N. M., & Zulkefli, M. Y. (2018). Mainstream teachers’ competency requirement for inclusive education program. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(11). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i11/5354

Rasmitadila, & Tambunan, A. R. S. (2018). Readiness of general elementary schools to become inclusive elementary schools: A preliminary study in Indonesia. International Journal of Special Education, 33(2), 366–381.

Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. Jurnal MADINASIKA: Manajemen dan Kelas, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Saleem, A., Muhammad, Y., & Siddiqui, M. F. (2021). Effectively managing classroom: A case study of four novice elementary teachers in private schools. Global Social Sciences Review, 6(3), 72–79. https://doi.org/10.31703/gssr.2021(vi-iii).08

UU Nomor 14 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/regulasi/undang-undang/Documents/Pages/undang-undang-nomo

UUD 1945. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2014/06/UUD-1945.pdf

Woodcock, S., Gibbs, K., Hitches, E., & Regan, C. (2023). Investigating teachers’ beliefs in inclusive education and their levels of teacher self-efficacy: Are teachers constrained in their capacity to implement inclusive teaching practices? Education Sciences, 13(3). https://doi.org/10.3390/educsci13030280

Woodcock, S., Hitches, E., & Manning, A. (2023). “The hardest part is…”: Teacher self-efficacy and inclusive practice. International Journal of Educational Research Open, 5, 100289. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100289

Gultom, I. Y., Adri, H. T., & Indra, S. (2021). Hubungan kecerdasan interpersonal siswa terhadap kecenderungan perilaku verbal bullying di sekolah dasar. Sittah: Journal of Primary Education, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3398

Jelita, J., Adri, H. T., & Syamsudin, D. (2024). The role of teachers in improving quality of education and developing competencies of primary school students at Muslim Suksa School Thailand. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.51178/ce.v5i1.1656

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Peran Kompetensi Guru dalam Menjamin Keberhasilan Pendidikan Inklusif bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. (2025). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(2), 219-221. http://www.didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/36

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.