Strategi Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Tentang Teks Argumentasi Melalui Metode Interaktif

Authors

  • Septiana Wulandari Universitas Terbuka Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author

Keywords:

Argumentasi, Interaktif, Keaktifan

Abstract

Meningkatkan keaktifan dalam materi teks argumentasi pada siswa guna mendapatkan peningkatan hasil belajar siswa  melalui metode interaktif. Hal ini dilatarbelakangi kerena ditemukan kurang fokusnya siswa dan rendahnya tingkat keaktifan dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang materi tersebut. Maka, Penelitian tindakan kelas dilakukan peneliti dengan metode interaktif pada kelas VI MI Muhammadiyah Bercak. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa keaktifan siswa masih rendah sebelum dilakukannya perbaikan pembelajaran,ada beberapa faktor penyebabnya. Pada pra siklus terdapat 16 siswa dimana 40% siswa mendapati nilai yang masih dibawah KKM Namun setelah dilakukan perbaikan di siklus I terjadi kenaikan dari jumlah 16 siswa mampu menempuh KKM atau diatas Rata-rata adalah 10 siswa, namun peneliti belum merasa puas kemudian dilakukan pemantapan pembelajaran yaitu dilakukan perbaikan di siklus ke II dimana hasilnya  siswa yang mencapai KKM ada 85%. Penelitian ini memberikan dampak positif bagi peningkatan pembelajaran di Tingkat Pendidikan. Dengan di lakukan PTK menggunakan metode interaktif dihasilkan mampu meningkatkan kekatifan siswa dalam pembelajaran

References

Asiah,A.(2015).Pendekatan Komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan Berbicara siswa di kelas IV SD.Mimbar sekolah Dasar.2.(1).21-35.Doi:http://dx.doi.org./10.17509/mimbar-sd.v2i1.1319.

Azizah,N,S., Cahyanto, B., Ertanti,W,D., .(2024). Strategi guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa madrasah ibtidaiya. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.6.3.2776- 2033.

A Sriwardani, HT Adri. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata PelajaranIlmu Pengetahuan Sosial MateriAlat TransportasiMenggunakan Media Gambar diSD Negeri 3 Poncowarno. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (2), 87-102

AD Hakikah, HT Adri. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tim Game Tournament (TGT). Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (1), 31-43

Adri, H. T., Fauziah, R. S. P., Suherman, I., Sesrita, A., Indra, S., Syamsudin, D., & Sudjani, D. H. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Penelitian Tindakan Kelas Untuk Karir Profesional. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(2), 80–89. https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i2.1292

Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023). Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SD Negeri 02 Tajur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219-225.

AF Racastilo., HT Adri. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Simbol Pancasila Menggunakan Kartu Bergambar Kelas II di SDN 1 Purwoagung Tegaldlimo Banyuwangi

Apriliani, Rifka, Helmia Tasti Adri, Dan Syukri Indra. “Penanaman Pendidikan Karakter Dan Nilai-Nilai Budaya Di Sd Muslim Suksa Thailand.” Karimah Tauhid 3, No. 4 (2024): 4018–31. Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V3i4.12631.

Barizah,B., alexon.(2018).Penerapan metode Role playing Untuk Meningkatkan aktivitas dan Keterampilan berbicara Siswa.Jurnal ilmiah teknologi Pendidikan.8.(2).30-32.

Bilqis, A., Iswara,D.W., Aeni,N.A,. (2023).Pengembangan E-Book Interaktif Untuk Meningkatkan kemapuan Menulis Paragraf argumentasi Kelas IV.Diglosia Jurnal kajian Bahasa sastra dan Pengajarannya.6.(20.437-448.Doi : 10.30872/diglosia.V6i2.628.

Daronsyah, I., Tasti Adri, H., & Affane, A. (2024). ANALISIS PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 322–229. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.13027

Effanne, A., & Adri, H. T. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Mengembangkan Minat Siswa terhadap Penbelajaran Seni Budaya. Journal of Education Research, 1(2), 153–157. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/view/138%0Ahttp://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/download/138/84

Erlina, E., & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan Di Program Studi PGSD Universitas Djuanda. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 158-163.

F Alfandi, HT Adri, A Kholik. (2024). Alfandi, F., Adri, H. T., & Kholik, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sdn Sukagalih 03. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 61-76.

Faturrokhman,R.2024. Media Pembelajaran Interaktif Meningkatakan Keaktifan siswa Di Sekolah SMK Pembangunan.2.4.713-721. Pendidikan Teknik Bangunan-Universitas Negeri Jakarta, Indonesia.2024

Fauziah, R. S.F., Adri, H. T., Suherman, I., Indra, S., Sesrita, A., Syamsudin, D., & Sudjani, D. H. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Profesional. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 144-119. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.5496

Febriyanti, S. ., Adri, H. T., & Indra, S. (2024). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Madang 05. Karimah Tauhid, 3(8), 9116–9125. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14986

Fitriyani, E. L., Adri, HT., & Halim Sudjani, desky. (2022). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(4), 269–283. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6785

FRK Nurkahfi, HT Adri, M Ichsan. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPA. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA 2 (2), 131-137

Hariadi, Mahfuz, Nopiana, R., Saputra,E., Thuhir, M., Daniyantara, D., suryadi, E,L., . (2023). Penerapan metode interaktif dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran penjaskes.https://e-journal.hamzanwadi.ac.od/index.php/porkes.6.2.837-853.Doi: 10.29408/porkes.v6i2.23746

H. T. Adri, R. S. P. Fauziah, A. Sesrita, S. Indra, N. Monaya, I. Suherman, R. A. Pengestu. Particle board from rubber woods: Concept, technology, cost analysis, and application for teaching aids in science subjects in elementary schools. 2024(2), 177 – 184

H. T. Adri, Suwarjono, F. Hamamy, M. Ichsan and D. Sumarni, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor,” Educivilia, vol. 2, no. 1, pp. 93-103, 2021.

Helmanto, F., & Adri, H. T. (2023). Microlearning Framework in Thematic Teaching Based on Hy-Flex Approach at the Indonesian Primary School. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 95–107. https://doi.org/10.30997/dt.v10i1.8143

Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perubahan Miskonsepsi Siswa pada Perkuliahan Evolusi Melalui Dual Situated Learning Model. BIOEDUKASI : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 176–181.

Helmi, H., Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA di SD Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24–28. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.105

Helmi, Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Students’ concept mastery: Reasoning ability and concept mastery of evolution. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 1(1), 23-29. https://doi.org/10.30997/ijsr.v1i1.7

Hikam Alfarabi, M., Pupu Fauziah, R. S., & Tasti Adri, H. (2024). ANALISIS KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS TERHADAP KEPUASAN KINERJA GURU DAN KARYAWAN DI MADRASAH ALIYAH BAITURRAHMAN. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(5), 506–513. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i5.14839

HT Adri, F Hamamy, M Ichsan, D Sumarni. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2 (1), 93-103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612

HT Adri, S Suwarjono, M Ridwan, T Kusnaedi . (2025). Implementation of Non-Formal Educational Learning Activities at the Abituren Mustafawiyah Sanggar Family Tutoring Malaysia. Education Achievement: Journal of Science and Research, 6(1), 215-221

HT Adri, S Suwarjono, Y Sapari, N Maryani. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Policy Direction and Implementation for Progress of Study Program. Continuous Education: Journal of Science and Research 4 (2), 13-22. https://Doi.org/10.51178/ce.v4i2.1446

HT Adri, SA Yudianto, A Mawardini, A Sesrita.(2020). Using animated video based on scientific approach to improve students higher order thinking skill. Indonesian Journal of Social Research (IJSR) 2 (1), 9-17. https://doi.org/10.30997/ijsr.v2i1.23

HT Adri,. Suwarjono. (2023). Developing Science E-Modules based on Scientific reasoning Skills for Primary Education Course. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6480-6486. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4727

IN Fudhlah, HT Adri, D Syamsudin. Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar di Maitreechit Wittayathan School Thailand. Karimah Tauhid 3 (2), 1335-1348. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11825

Indra, S. (2015). Aspek-Aspek Pendidikan Yang Terdapat Dalam Kisah Nabi Musa AS Dan Nabi Khaidir AS Serta Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik (Kajian QS Al-Kahfi Ayat 60-82). TADBIR MUWAHHID, 4(1).

IY Gultom, HT Adri, S Indra. (2021). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Siswa Terhadap Kecenderungan Perilaku Verbal Bullying Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education 2 (2), 121-130. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3398

J Jelita,. HT Adri. (2024). Upaya Meningkatkan Karakter Kepedulian Terhadap Kebersihan Lingkungan Sekolah Melalui Pendidikan Lingkungan Hidup Di SD Negeri 4 Merapi Barat. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (2), 114-127

Kurniasari, D., & Adri, H. T. (2022). Implementasi model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran tematik kelas awal di sekolah dasar. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 143-152. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/view/137

Makarim, H., Holipah, S., & Helmi, H. (2018). The Development Book Of Story Based Sundanese Culture As Media On Indonesian Language With Pantun Material In Iv Class Elementary School. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70. Https://Doi.Org/10.30997/Dt.V5i 1.1105

Maulida, N. A., Tasti Adri, H., & Kholik, A. (2024). IMPLEMENTASI BUDAYA LOKAL MASYARAKAT THAILAND DAN PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI PHATNAWITYA DEMONSTRATION SCHOOL YALA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 458–467. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i4.15366

MD Ruhiyat, HT Adri, S Laeli. Analysis of the Learning Culture of Grade 6 Students of Satit Phatnawitya Yalla Elementary School Thailand. ALACRITY: Journal of Education, 75-85. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.239

Ms. Hidayat., HT, Adri. (2024). Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Perbandingan Kualifikasi Dan Sertifikasi Guru (Studi Literature Data Di Kabupaten Cianjur Dan Kabupaten Bandung Jawa Barat ). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 44-60. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/5

Masrifa, A., Munirah,S., Cahyani,R,A., Fauziyah,H,D.,.(2023). Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Cahya Ghani Recovery

Murni,F,N.(2021). Upaya Meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series

Journal Homepage:https://jurnal.uns.ac.id/seeds/index.DOI: https://dx.doi.org/10.20961/seeds.v5i1.56736.

Nuryati ,E, .(2020).Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Quiz edukasi Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19.7.145- 150.2020.

Nurkilah, S., & Adri, HT. (2022). Pendampingan Pembelajaran Luring untuk anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN AKB, Desa Ciburuy: Indonesia. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 117–123. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6203

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca (Maharah Al-Qiro’ah) Bahasa Arab Kelas V MI Darul Jannah Caringin, Bogor. ZRZ Rahmawati, HT Adri, D Syamsudin. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5 (1), 23-33. https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i1.10232

Pratama, M. I., Adri, H. T., Laeli, S. (2024). Hubungan Kasih Sayang Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Pakuan Bogor. Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 01-30. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/3

R Mursyid, HT Adri, F Helmanto. PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DALAM LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN BENDA KECAMATAN CICURUG SUKABUMI. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA 2 (1), 1-9. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i1.11274

Ramdani, Tasti Adri, H., & Safari, Y. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS V SDN SELAKOPI KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 306–312. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.13077

Rasmitadila, Teguh Prasetyo, Helmia Tasti Adri, Muhammad Ichsan. 2021. Pelatihan Strategi Pembelajaran Berbasis Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (Sipao) Untuk Guru Inklusif Di Sekolah Dasar. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat 11 (1), 105-114

Salsabila, K. A., Helmia Tasti Adri, & Fauziyatul Hamamy. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas VB di SDN Nagrak 01 Kabupaten Bogor . Karimah Tauhid, 3(9), 10821–10827. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14953

Sendika, A. S., Firmansyah, W. ., & Adri, H. T. . (2024). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Religius di SDIT ALIF . Karimah Tauhid, 3(8), 8800–8815. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14862

Suherman, I., Fauziah, R. S. P., Adri, H. T., Sujana, D. H., Qalbi, R. S., Nurzaini, K., & Rahmawati, T. (2023.). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building). Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 125-133. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14863

Sulastri, A., Adri, H. T., & Syamsudin, D. (2024). The Role of Teachers in Improving Quality of Education and Developing Competencies of Primary School Students at Muslim Suksa School Thailand. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.51178/ce.v5i1.1656

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Widyasari, W., Adri, H. T., Hasnin, H. D., Gaffar, A. A., Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Lathifah, Z. K., & Ariah, A. (2022). Analisis Kebutuhan Inovasi Model Pembelajaran Bauran Moda Webinar bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Tunadaksa dengan Alat Bantu Mobilitas (Model Hybrid Webidaksa). Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 25–37. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4725

Yuni Nursaniah, S., Bisri, H., & Tasti Adri, H. (2024). HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI CILEMBER 01. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(5), 499–505. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i5.14685

Downloads

Published

2025-02-06

How to Cite

Strategi Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Tentang Teks Argumentasi Melalui Metode Interaktif. (2025). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(1), 96-107. http://www.didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/24