Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA Di SDIT-Q Darul Falah

Authors

  • Muhammad Ramdhani Zawwad Universitas Djuanda Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author

Keywords:

model AIR, hasil belajar, pembelajaran IPA, pendekatan eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas VI SDIT-Q Darul Falah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 9 siswa yang dipilih dari populasi kelas VI. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan posttest yang digunakan untuk mengukur variabel bebas (model pembelajaran AIR) dan variabel terikat (hasil belajar). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model AIR terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui uji-t yang menghasilkan nilai t hitung sebesar 2,979, lebih besar dari t tabel sebesar 2,306, serta nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang berarti model pembelajaran AIR efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

References

Adri, H. T., Fauziah, R. S. P., Sesrita, A., Indra, S., Monaya, N., Suherman, I., & Pengestu, R. A. (2025). Particle board from rubber woods: Concept, technology, cost analysis, and application for teaching aids in science subjects in elementary schools. Journal of Engineering Science and Technology, 20(1), 177–184.

Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023). Pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 02 Tajur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219–225.

Alfandi, F., Adri, H. T., & Kholik, A. (2024). Penerapan media pembelajaran interaktif berbentuk video dalam pembelajaran IPA pada siswa SDN Sukagalih 03. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 61–76.

Anitah, S. W. (2008). Strategi pembelajaran. Universitas Terbuka.

Daronsyah, I., Adri, H. T., & Affane, A. (2024). Analisis pengaruh model Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Al Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(4), 322–329.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.

Effanne, A., & Adri, H. T. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis video dalam mengembangkan minat siswa terhadap pembelajaran seni budaya. Journal of Education Research, 1(2), 153–157.

Fathurrohman, P. (2007). Strategi belajar mengajar. PT Refika Aditama.

Hamalik, O. (2013). Proses belajar mengajar. PT Bumi Aksara.

Helmanto, F., & Adri, H. T. (2023). Microlearning framework in thematic teaching based on Hy-Flex approach at the Indonesian primary school. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 95–107. https://doi.org/10.30997/dt.v10i1.8143

Imanuel, S. A. (n.d.). Kesulitan belajar IPA peserta didik sekolah dasar.

Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi pembelajaran. Multi Pressindo.

Mursyid, R., Adri, H. T., & Helmanto, F. (2024). Pengaruh kemampuan berpikir ilmiah dalam literasi sains terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Benda Kecamatan Cicurug Sukabumi. Al Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i1.11274

Nurkilah, S., & Adri, H. T. (2022). Pendampingan pembelajaran luring untuk anak sekolah dasar di masa pandemi COVID 19: Studi kasus KKN AKB, Desa Ciburuy. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(2), 117–123. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6203

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Riadi, M. (2020, Oktober 20). Model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition). Serupa.id. https://serupa.id/model pembelajaran pengertian ciri jenis macam contoh/

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di sekolah dasar. Indeks.

Sudjana. (2013). Penilaian hasil belajar. Remaja Rosdakarya.

Susanto. (2013). Metode penelitian pendidikan IPA.

Trianto. (2014). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam KTSP. PT Bumi Aksara.

Warsono, & Hariyanto. (2012). Pembelajaran aktif: Teori dan asesmen. PT Rosdakarya.

Werdiningsih, E. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2025-07-13

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA Di SDIT-Q Darul Falah. (2025). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(2), 159-174. http://www.didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/9

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>