Analisis Ketersediaan Fasilitas Belajar di Sanggar Bimbingan AT-Tanzil Malaysia
Keywords:
Pendidikan karakter anak, fasilitas belajar, sanggar at tanzilAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran lingkungan Sanggar Bimbingan At-Tanzil di Malaysia sebagai sarana pendidikan dalam pembentukan karakter anak-anak. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian dipilih karena Sanggar At-Tanzil tidak hanya berfungsi sebagai tempat pembelajaran, tetapi juga sebagai lingkungan yang mendukung pengembangan nilai-nilai karakter positif seperti disiplin, tanggung jawab, dan religiusitas. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pendidik dan siswa serta observasi langsung terhadap kegiatan yang berlangsung di sanggar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan di Sanggar Bimbingan At-Tanzil memberikan pengaruh yang signifikan dalam pembentukan karakter anak.
References
Adri, H. T., & Suwarjono, S. (2025). Analisis kebutuhan media adaptif dan strategi pembelajaran IPA dalam konteks pendidikan inklusif di sekolah dasar Kabupaten Bogor. ALACRITY: Journal of Education, 1090–1100.
Al Munajar, M. R., Latifah, Z. K., & Adri, H. T. (2025). Peran guru sebagai evaluator terhadap minat belajar siswa melalui penilaian proses dan hasil belajar siswa kelas tinggi di sekolah dasar. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 3(2), 91–96.
Atmojo, S. E., Wardana, A. K., & Muhtarom, T. (2024). Implementasi standar sarana dan prasarana pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(2), 89–102.
Febriyanti, N. (2021). Implementasi konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631–1638.
Irfan, A. (2021). Identifikasi sarana dan prasarana olahraga pendidikan jasmani pada sekolah menengah atas negeri di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau. Digilib IKIP PGRI Pontianak.
Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi. Kencana.
Putri, N. L. (2022). Pendidikan inklusif anak usia dini berkebutuhan khusus. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Qou, M. M., & Ernawati, E. (2021). Konsep keindahan Plato, Thomas Aquinas, dan Agustinus dalam repoartor jazz music man. Kompetensi, 1(2), 161–166.
Rahayu, S. (2020). Apresiasi sastra: Teori dan praktik. Literasi Nusantara.
Ramdhani, T., Adri, H. T., & Safari, Y. (2024). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa di kelas V SDN Selakopi Kota Bogor tahun pelajaran 2023/2024. Al Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(4), 306–312. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i4.13077
Rasmitadila, T., Prasetyo, T., Adri, H. T., & Ichsan, M. (2021). Pelatihan strategi pembelajaran berbasis sistem pembelajaran alamiah otak (Sipao) untuk guru inklusif di sekolah dasar. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 105–114.
Salsabila, K. A., Helmia, T. A., & Hamamy, F. (2024). Efektivitas penggunaan media “flashcard” pada materi sistem pernapasan manusia mata pelajaran IPA kelas V di SDN Nagrak 01 Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(9), 10821–10827. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14953
Sartika, D. M., Adri, H. T., & Balqis, L. F. (2025). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada masa pandemi COVID-19 di SDN Sindangsari 2. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 3(1), 84–89.
Sari, D. P., Ferdiansyah, M., Surtiyoni, E., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen, dan Pendidikan, 2(1), 1–9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.