Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPAS di SDN Gentramasekdas
Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, motivasi belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SDN Gentramasekdas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi melalui media PowerPoint interaktif dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket motivasi belajar dan diuji validitas serta reliabilitasnya. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,556 > 0,05, yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi belum memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa
References
Ali, S., Moonti, U., & Yantu, I. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1553. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1553-1560.2022
Adri, H. T., & Suwarjono, S. (2025). Analisis kebutuhan media adaptif dan strategi pembelajaran IPA dalam konteks pendidikan inklusif di sekolah dasar Kabupaten Bogor. ALACRITY: Journal of Education, 1090–1100.
Adri, H. T., Fauziah, R. S. P., Sesrita, A., Indra, S., Monaya, N., Suherman, I., & Pengestu, R. A. (2025). Particle board from rubber woods: Concept, technology, cost analysis, and application for teaching aids in science subjects in elementary schools. Journal of Engineering Science and Technology, 20(1), 177–184.
Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023). Pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 02 Tajur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219–225.
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, j. l. a. (2021). pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce tokopedia di kota manado the influence of brand image, promotion and service quality on consumer purchase decisions on tokopedia e-commerce in manado city. 663 jurnal emba, 9(2), 663–674.
Ariyanti, & Konseling, D. (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang (Vol. 4).
Azmy Bahauddin. (2023). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar (Vol. 7, Issue 2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa
Danuri. (2023). Untuk Sekolah Dasar Inklusif.
Maharani, Maharani, E., Sumanti, Sp., & Hariki Fitrah, Mp. (2024). motivasi belajar dalam pendidikan. www.penerbitlitnus.co.id
Muafiah, A. (2020). analisis motivasi belajar dan hasil belajar daring mahasiswa pada masa pandemik covid-19. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Olivia, J., & Nurfebiaraning, S. (n.d.). pengaruh video advertising tokopedia versi “jadikan ramadan kesempatan terbaik” terhadap respon afektif khalayak (Vol. 7).
Sanaky. (2021). analisis faktor-faktor penyebab keterlambatan pada proyek pembangunan gedung asrama man 1 tulehu maluku tengah. 11.
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). penerapan pendekatan realistic mathematics education (rme) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. 2(2), 71–80.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Siti Sarah, Mp. (2021). pengembangan instrumen angket.
Slamet dan, R., & Wahyuningsih, S. (n.d.). validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kepuasan kerja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.