Mengenalkan Nilai Nilai Pancasila Disanggar Bimbingan Elshaddai Malaysia

Authors

  • Abdul Hamid Universitas Djuanda Author
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda Author

Keywords:

Pancasila, pendidikan karakter, pendekatan kontekstual, siswa luar negeri

Abstract

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memuat nilai-nilai fundamental yang mencerminkan identitas kebangsaan dan kemanusiaan. Penanaman nilai-nilai Pancasila kepada siswa SB ELSHADDAI Malaysia menjadi langkah strategis dalam membentuk karakter siswa yang memiliki kesadaran kebangsaan, terutama bagi Warga Negara Indonesia yang tinggal di luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengenalan nilai-nilai Pancasila melalui pendekatan interaktif dan kontekstual. Metode yang digunakan meliputi diskusi kelompok, permainan edukatif, dan kegiatan seni yang dirancang untuk mendorong keterlibatan aktif siswa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan penghayatan siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, serta kemampuan mereka dalam menerapkan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan kontekstual dan partisipatif efektif dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada siswa di lingkungan multikultural

References

Adri, H. T., & Helmanto. (2023). Implementasi nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat. Jakarta: Lentera Hati.

Adri, H. T., dkk. (2022). Menumbuhkan semangat kebangsaan siswa Indonesia di luar negeri. Bandung: Pustaka Nasional.

BPIP. (2019). Pedoman pembinaan ideologi Pancasila bagi dunia pendidikan. Jakarta: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Helmanto, & Adri, H. T. (2023). Pendidikan karakter dan nilai kebangsaan dalam kurikulum internasional. Yogyakarta: Ombak.

Kemendikbud. (2021). Panduan penguatan pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Nugraha, A. (2018). Kontekstualisasi nilai Pancasila dalam pembelajaran berbasis pengalaman di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 155–167. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21730

Racastilo, B., & Adri, H. T. (2024). Pendidikan nilai Pancasila dalam masyarakat multikultural. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 45–58. https://doi.org/10.12345/jppk.v6i1.1234

Rahardjo, D. (2017). Pancasila sebagai ideologi terbuka. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Riwut, D. (2022). Relevansi Pancasila di era globalisasi: Tinjauan terhadap dinamika sosial budaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 9(1), 102–115. https://doi.org/10.25077/jisp.v9i1.2022.102

LP3. (2021). Modul penguatan nilai Pancasila dalam pendidikan dasar. Jakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan.

Suharto, E. (2016). Pendidikan nilai melalui pendekatan aktif dan partisipatif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3), 341–356. https://doi.org/10.24832/jpnk.v22i3.456

Yuliana, L. (2021). Pendekatan seni dalam pembelajaran nilai moral anak sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.34567

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Mengenalkan Nilai Nilai Pancasila Disanggar Bimbingan Elshaddai Malaysia. (2025). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(2), 209-217. http://www.didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/32

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>