Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 07 Talang Padang
Keywords:
Demonstrasi, Hasil Belajar, Metode PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat yang berdampak pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matamatika serta kebutuhan akan penggunaan metode pembelajaran demostrasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 07 Talang Padang. Penelitian dilakukan melalui tahapan merencanakan, menindaklanjuti, mengobservasi, dan merefleksi dalam PTK (Penelitian Tindakan Kelas). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas IV (Empat) di SD 07 Talang Padang Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 15 Peserta didik. Hasil penelitian rata-rata nilai peserta didik sebelum perbaikan pembelajaran hanya 38.67 atau sekitar 33,33 % peserta didik yang memahami materi dengan rincian 5 orang peserta didik yang belum mencapai KKM dan 10 orang peserta didik yang sudah mencapai KKM, selanjutnya pada perbaikan siklus I nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 72 atau sekitar 93% Pesrta didik yang sudah memahami materi dengan rincian 14 Orang Peserta didik sudah mencapai KKM dan 1 orang Peserta didik belum mencapai KKM dan selanjutnya pada perbaikan siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menajdi menjadi 86,67 tidak ada peserta didik yang belu mencapai KKM, ini artinya 100% peserta didik sudah memahami materi dengan sangat baik. Dengan demikian hasil perbaikan pembelajaran dianggap optimal, sehingga dapat disimpulkan bahwa Penggunakaan metode Demontrasi dapat meningkatkan hasil Belajar Peserta didik
References
Afandi, dkk. 2013. Belajar untuk Sekolah Dasar: Interaksi Guru dan Siswa. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Afifi, Ruhana. Penerapan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Pendidikan Volume 4,1, Januari 2017.
Ananda & Rohman. 2023. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Pertama, Tasikmalaya, Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Ariani, Hrp., dkk. 2017. Minat Belajar dan Metode Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
A Sriwardani, HT Adri. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata PelajaranIlmu Pengetahuan Sosial MateriAlat TransportasiMenggunakan Media Gambar diSD Negeri 3 Poncowarno. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (2), 87-102
AD Hakikah, HT Adri. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tim Game Tournament (TGT). Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (1), 31-43
Adri, H. T., Fauziah, R. S. P., Suherman, I., Sesrita, A., Indra, S., Syamsudin, D., & Sudjani, D. H. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Penelitian Tindakan Kelas Untuk Karir Profesional. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(2), 80–89. https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i2.1292
Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023). Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SD Negeri 02 Tajur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219-225.
AF Racastilo., HT Adri. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Simbol Pancasila Menggunakan Kartu Bergambar Kelas II di SDN 1 Purwoagung Tegaldlimo Banyuwangi
Apriliani, Rifka, Helmia Tasti Adri, Dan Syukri Indra. “Penanaman Pendidikan Karakter Dan Nilai-Nilai Budaya Di Sd Muslim Suksa Thailand.” Karimah Tauhid 3, No. 4 (2024): 4018–31. Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V3i4.12631.
Daronsyah, I., Tasti Adri, H., & Affane, A. (2024). ANALISIS PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 322–229. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.13027
Dapiha. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 12 (1) : 22 – 27.
Effanne, A., & Adri, H. T. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Mengembangkan Minat Siswa terhadap Penbelajaran Seni Budaya. Journal of Education Research, 1(2), 153–157. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/view/138%0Ahttp://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/download/138/84
Erlina, E., & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan Di Program Studi PGSD Universitas Djuanda. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 158-163.
F Alfandi, HT Adri, A Kholik. (2024). Alfandi, F., Adri, H. T., & Kholik, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sdn Sukagalih 03. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 61-76.
Fauziah, R. S.F., Adri, H. T., Suherman, I., Indra, S., Sesrita, A., Syamsudin, D., & Sudjani, D. H. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Profesional. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 144-119. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.5496
Febriyanti, S. ., Adri, H. T., & Indra, S. (2024). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Madang 05. Karimah Tauhid, 3(8), 9116–9125. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14986
Fitriyani, E. L., Adri, HT., & Halim Sudjani, desky. (2022). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(4), 269–283. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6785
FRK Nurkahfi, HT Adri, M Ichsan. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPA. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA 2 (2), 131-137
Felicia, 2022. Perkembangan Peserta Didik. Cetakan kelima. Tangerang : Penerbit Universitas Terbuka.
Haryadi, dkk. 2021. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (1): 45-56.
Hasriadi, 2022. Strategi Pembelajaran. Cetakan Pertama. Bantu, Mata Kata Inspirasi.
Heremba, Jniati. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Tumbuhan Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PAPEDA, Vol. 1, No. 1.
H. T. Adri, R. S. P. Fauziah, A. Sesrita, S. Indra, N. Monaya, I. Suherman, R. A. Pengestu. Particle board from rubber woods: Concept, technology, cost analysis, and application for teaching aids in science subjects in elementary schools. 2024(2), 177 – 184
H. T. Adri, Suwarjono, F. Hamamy, M. Ichsan and D. Sumarni, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor,” Educivilia, vol. 2, no. 1, pp. 93-103, 2021.
Helmanto, F., & Adri, H. T. (2023). Microlearning Framework in Thematic Teaching Based on Hy-Flex Approach at the Indonesian Primary School. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 95–107. https://doi.org/10.30997/dt.v10i1.8143
Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perubahan Miskonsepsi Siswa pada Perkuliahan Evolusi Melalui Dual Situated Learning Model. BIOEDUKASI : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 176–181.
Helmi, H., Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA di SD Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24–28. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.105
Helmi, Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Students’ concept mastery: Reasoning ability and concept mastery of evolution. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 1(1), 23-29. https://doi.org/10.30997/ijsr.v1i1.7
Hikam Alfarabi, M., Pupu Fauziah, R. S., & Tasti Adri, H. (2024). ANALISIS KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS TERHADAP KEPUASAN KINERJA GURU DAN KARYAWAN DI MADRASAH ALIYAH BAITURRAHMAN. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(5), 506–513. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i5.14839
HT Adri, F Hamamy, M Ichsan, D Sumarni. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2 (1), 93-103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612
HT Adri, S Suwarjono, M Ridwan, T Kusnaedi . (2025). Implementation of Non-Formal Educational Learning Activities at the Abituren Mustafawiyah Sanggar Family Tutoring Malaysia. Education Achievement: Journal of Science and Research, 6(1), 215-221
HT Adri, S Suwarjono, Y Sapari, N Maryani. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Policy Direction and Implementation for Progress of Study Program. Continuous Education: Journal of Science and Research 4 (2), 13-22. https://Doi.org/10.51178/ce.v4i2.1446
HT Adri, SA Yudianto, A Mawardini, A Sesrita.(2020). Using animated video based on scientific approach to improve students higher order thinking skill. Indonesian Journal of Social Research (IJSR) 2 (1), 9-17. https://doi.org/10.30997/ijsr.v2i1.23
HT Adri,. Suwarjono. (2023). Developing Science E-Modules based on Scientific reasoning Skills for Primary Education Course. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6480-6486. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4727
IN Fudhlah, HT Adri, D Syamsudin. Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar di Maitreechit Wittayathan School Thailand. Karimah Tauhid 3 (2), 1335-1348. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11825
Indra, S. (2015). Aspek-Aspek Pendidikan Yang Terdapat Dalam Kisah Nabi Musa AS Dan Nabi Khaidir AS Serta Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik (Kajian QS Al-Kahfi Ayat 60-82). TADBIR MUWAHHID, 4(1).
IY Gultom, HT Adri, S Indra. (2021). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Siswa Terhadap Kecenderungan Perilaku Verbal Bullying Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education 2 (2), 121-130. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3398
J Jelita,. HT Adri. (2024). Upaya Meningkatkan Karakter Kepedulian Terhadap Kebersihan Lingkungan Sekolah Melalui Pendidikan Lingkungan Hidup Di SD Negeri 4 Merapi Barat. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan 1 (2), 114-127
Kurniasari, D., & Adri, H. T. (2022). Implementasi model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran tematik kelas awal di sekolah dasar. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 143-152. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/THEJOER/article/view/137
Makarim, H., Holipah, S., & Helmi, H. (2018). The Development Book Of Story Based Sundanese Culture As Media On Indonesian Language With Pantun Material In Iv Class Elementary School. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70. Https://Doi.Org/10.30997/Dt.V5i 1.1105
Maulida, N. A., Tasti Adri, H., & Kholik, A. (2024). IMPLEMENTASI BUDAYA LOKAL MASYARAKAT THAILAND DAN PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI PHATNAWITYA DEMONSTRATION SCHOOL YALA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 458–467. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i4.15366
MD Ruhiyat, HT Adri, S Laeli. Analysis of the Learning Culture of Grade 6 Students of Satit Phatnawitya Yalla Elementary School Thailand. ALACRITY: Journal of Education, 75-85. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.239
Ms. Hidayat., HT, Adri. (2024). Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Perbandingan Kualifikasi Dan Sertifikasi Guru (Studi Literature Data Di Kabupaten Cianjur Dan Kabupaten Bandung Jawa Barat ). Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 44-60. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/5
Nurkilah, S., & Adri, HT. (2022). Pendampingan Pembelajaran Luring untuk anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN AKB, Desa Ciburuy: Indonesia. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 117–123. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6203
Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca (Maharah Al-Qiro’ah) Bahasa Arab Kelas V MI Darul Jannah Caringin, Bogor. ZRZ Rahmawati, HT Adri, D Syamsudin. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5 (1), 23-33. https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i1.10232
Pratama, M. I., Adri, H. T., Laeli, S. (2024). Hubungan Kasih Sayang Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Pakuan Bogor. Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 01-30. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/3
R Mursyid, HT Adri, F Helmanto. PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DALAM LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN BENDA KECAMATAN CICURUG SUKABUMI. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA 2 (1), 1-9. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i1.11274
Ramdani, Tasti Adri, H., & Safari, Y. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS V SDN SELAKOPI KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 306–312. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.13077
Rasmitadila, Teguh Prasetyo, Helmia Tasti Adri, Muhammad Ichsan. 2021. Pelatihan Strategi Pembelajaran Berbasis Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (Sipao) Untuk Guru Inklusif Di Sekolah Dasar. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat 11 (1), 105-114
Salsabila, K. A., Helmia Tasti Adri, & Fauziyatul Hamamy. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas VB di SDN Nagrak 01 Kabupaten Bogor . Karimah Tauhid, 3(9), 10821–10827. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14953
Sendika, A. S., Firmansyah, W. ., & Adri, H. T. . (2024). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Religius di SDIT ALIF . Karimah Tauhid, 3(8), 8800–8815. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14862
Suherman, I., Fauziah, R. S. P., Adri, H. T., Sujana, D. H., Qalbi, R. S., Nurzaini, K., & Rahmawati, T. (2023.). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building). Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 125-133. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14863
Sulastri, A., Adri, H. T., & Syamsudin, D. (2024). The Role of Teachers in Improving Quality of Education and Developing Competencies of Primary School Students at Muslim Suksa School Thailand. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.51178/ce.v5i1.1656
Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152
Widyasari, W., Adri, H. T., Hasnin, H. D., Gaffar, A. A., Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Lathifah, Z. K., & Ariah, A. (2022). Analisis Kebutuhan Inovasi Model Pembelajaran Bauran Moda Webinar bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Tunadaksa dengan Alat Bantu Mobilitas (Model Hybrid Webidaksa). Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 25–37. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4725
Yuni Nursaniah, S., Bisri, H., & Tasti Adri, H. (2024). HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI CILEMBER 01. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(5), 499–505. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i5.14685
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didaktik Global : Jurnal Ilmu Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.